Selamat datang di website Allsysmedia, publication and communication agency

Buku The Shadow Knight Teddy Kardin Diluncurkan di Bandung

Buku Biografi Teddy Kardin, Buku The Shadow Knight
Penulis buku The Shadow Knight (Alexander Mering) menyerahkan karyanya kepada Ketua Panitia, Rasjid Aladin. Dok Allsysmedia


Siapa yang tak mengenal Teddy Kardin, seorang figur yang selama ini mungkin tersembunyi dari perhatian masyarakat, namun memiliki peran besar dalam keberhasilan operasi militer Indonesia pada tahun 90-an. Kisah hidupnya yang penuh inspirasi, patriotisme, kesetiaan, dan keberhasilan dalam operasi penyelamatan akhirnya dituangkan dalam sebuah buku yang diberi judul "The Shadow Knight" atau "Sang Ksatria Bayangan."

Buku The Shadow Knight ini diluncurkan di Galeri NuArt milik Nyoman Nuarta di Bandung, pada pada 19 Agustus 2023. Sementara soft launchingnya dilaksanakan di ITB, pada 17 Agustus 2023.

Buku keren ini ditulis oleh Alexander Mering, yaitu penulis professional Indonesia kelahiran Dayak yang bukunya pernah mencatatkan 2 rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada tahun 2021 silam.  Mering menyelesaikan seluruh pengerjaan buku sekitar 5 bulan, bersama tim riset dari Allsysmedia dibantu co-writer-nya Dessy Rizki. 

“Penulisan dan editing dikerjakan selama sebulan penuh, sisanya adalah untuk riset, proses pra cetak dan percetakan,” kata Mering. 

Dari buku tersebut kita dapat tahu bahwa Teddy Kardin, bukan hanya seorang geolog professional dan empu pisau Indonesia, tetapi juga dikenal sebagai seorang ahli militer yang diakui secara global, bahkan oleh militer Amerika Serikat. Ia memulai karirnya sebagai seorang geolog profesional, namun peran besar dalam keberhasilan operasi militer Indonesia membuatnya menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah keberhasilan tersebut. 

Selain memiliki pengetahuan dalam bidang alam dan geologi, pengalaman dan kemampuan navigasinya, serta ketahanannya di alam bebas, membuatnya menjadi aset berharga bagi militer. Ia juga dengan tulus hati membantu melatih para tentara agar dapat beradaptasi dengan lingkungan alam, terutama medan hutan yang sulit. 

Baca juga: Sinopsis Buku The Shadow Knight, Jejak Petualangan Profesional Intelektual Teddy Kardin

Namun, kebaikan hati Teddy tak berhenti di situ. Ia juga secara sukarela terlibat dalam misi kemanusiaan yang mulia, yaitu menyelamatkan tim peneliti Lorentz '95 yang disandera oleh OPM pada tahun 1996. Meskipun sejumlah imbalan ditawarkan oleh petinggi militer, termasuk Prabowo Subianto, Teddy tetap bersikeras menolak, karena bagi Teddy, ini adalah sebuah misi kemanusiaan yang tak bisa dinilai dengan materi. 

Tak ada yang bisa merayu Teddy Kardin untuk mempublikasikan kisah-kisah hidupnya. Sang sahabat, Rasjid, yang telah bersamanya selama lebih dari sepuluh tahun, tak pernah jemu meminta kesediaan Teddy untuk berbagi kisah hidupnya. 

Teddy Kardin (tengah) saat acara grand launching buku biografinya di NuArt pada 19 Agustus 2023. Dok Allsysmedia

Kisah ini akhirnya dituangkan dalam sebuah buku yang sangat bermakna, "The Shadow Knight." Buku ini menceritakan tentang keberanian, kesetiaan, cinta tanah air, dan nilai-nilai luhur. Harapannya, kisah ini akan sampai kepada generasi muda Indonesia, menjadi teladan bagi karakter-karakter luar biasa di masa depan. Teddy Kardin, ksatria bayangan yang tak terlupakan, adalah sosok yang patut kita contoh.
 

Terbitnya buku ini juga mendapat dukungan sejumlah sponsor utama, yaitu Eiger, NuArt, MIG, dan beberapa sponsor lain seperti tampak pada latar belakang backdrop, foto di atas. 

Acara grand launching buku The Shadow Knight mendapat perhatian yang luas dari media lokal maupun nasional, termasuk TribuneNews dan Kompas TV.

Untuk pembelian buku The Shadow Knight silakan kunjungi toko kami di Shopee atau Tokopedia dan Allsyshop.