Selamat datang di website Allsysmedia, publication and communication agency

Istiyan Wijayanto, YouTuber K3 Indonesia

Istiyan Wijayanto

Allsysmedia
-- Barangkali masih dapat dihitung jari, praktisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang punya ketertarikan mendalami kampanye isu-isu K3 di ruang media sosial. Salah satunya adalah Istiyan Wijayanto, pria asal Klaten yang berkarir sebagai Health Safety Environment (HSE) PT Kaltim Prima Coal.

Istiyan mengelola chanel YouTube K3 dengan namanya sendiri rutin mempublikasi tentang K3. Maka tidak heran, dia masuk dalam sosok di buku 100 tokoh K3 Indonesia terbitan Allsysmedia, pada 2022 ini. Kekonsistenannya membuat video tentang K3 itulah yang membuat para editor buku mendaulat Istiyan Wijayanto bersama kalangan K3 lainnya di buku tersebut.

Dalam buku itu100 Tokoh K3 Indonesia, Istiyan mengisahkan pengalamannya mengelola YouTube dari nol, mulai mencari ide, hingga mengeksekusinya mengedit dan mempublikasikan di YouTube.

Hingga saat ini channel YouTubenya semakin kreatif, dengan visualisasi konten yang sangat pas dengan kebutuhan dunia Industri, dari penggunaan aplikasi khusus, mengajak kolaborasi untuk edukasi, dari Praktisi K3 Lintas Industri, termasuk melibatkan satlantas dalam konten edukasi berlalulintas untuk masyarakat. Sesuatu yang selama ini bukan keahliannya karena tidak dari latar belakang pendidikan formal atau non formal multimedia atau jurnalistik.

Namun, Istiyan mau belajar, mencoba dan meyakini sesuatu yang positif pasti bermanfaat bagi orang banyak dan bisa menjadi amal jariyah. Dia bukan tipikal pelit berbagi ilmu maka wawasannya yang kaya tentang K3 dibagikannya melalui chanel YouTube “Istiyan Wijayanto”.

Dari pengalaman mengelola K3 Salah satu tujuannya adalah memberikan inspirasi kepada masyarakat agar tidak belajar dari kecelakaan, berkaca dari pengalaman menjadi praktisi K3 di perusahaan tambang selama 17 Tahun. Berikut harapan yang diinginkan dari Istiyan setelah menonton video di akun YouTubenya adalah:

  1. Meningkatkan awareness pekerja industri & masyarakat umum
  2. Change management (merubah pola pikir tentang K3) yang tidak harus dalam sajian formal 
  3. Participant (berpartisipasi aktif dalam hal K3) baik di rumah, tempat umum maupun tempat kerja
Ide di YouTube diharapkan dapat memberikan fleksibilitas waktu pembelajaran tentang mempelajari pentingnya K3 tidak harus formal melalui pelatihan di dalam kelas, sehingga perlu dirancang metode kampanye yang kreatif dan inovatif melalui social media agar masyarakat dan pekerja terhindar dari kecelakaan yang dapat ditonton siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Adapun tujuan Istiyan membuat akun YouTube:

  1. Edukasi K3 melalui Safety Campaign di era digitalisasi melalui media YouTube dengan target jangkauan seluruh masyarakat
  2. Modifikasi metode edukasi K3 secara kreatif (tidak kaku) bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja & siapa saja
  3. Variasi kampanye K3 melalui audio visual

Oleh karena itu, Istiyan di chanelnya berbagi tentang K3 pertambangan, K3 perbengkelan, keselamatan bekerja di ketinggian, dan lain lain. Bahkan tidak hanya untuk kalangan pekerja industri saja. Istiyan berbagi tentang K3 untuk keluarga, keselamatan pariwisata, dan edukasi K3 untuk anak-anak, dan kita bisa menikmati dalam Play List tersendiri di akun YouTube Istiyan Wijayanto.  

Sosial media seperti YouTube memiliki jangkauan penonton yang luas. Masyarakat bisa memilih chanel apa saja, tinggal tulis kontennya. Kehadiran YouTube membuat semua bisa berinovasi dan kreatif membuat video tanpa batas.   

"Saya membuat akun YouTube untuk berkontribusi menyajikan konten edukasi positif mendukung visi dan misi pemerintah mewujudkan Indonesia berbudaya K3. Semua generasi harus memiliki jiwa kreativitas untuk melakukan safety campaign secara inovatif dan solutif untuk menjawab tantangan dunia kerja dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menjadi teladan keselamatan," ujar pria alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) ini.  

Untuk mendapatkan buku 100 Tokoh K3 Indonesia tersebut silahkan order di toko online kami allsyshop.com