Selamat datang di website Allsysmedia, publication and communication agency

Direktur Utama Allsysmedia: Tokoh K3 Adalah The Real Hero Indonesia

Direktur Utama Allsysmedia, Alexander Mering memberi sambutan saat grand launching buku 100 Tokoh K3 Indonesia di Lt 11, BKI, Jakarta Utara (17/8/2022). Foto: Ayo Kompeten.

Direktur Utama Allsysmedia Alexander Mering mengatakan bahwa buku ini sebenarnya mengisahkan para pejuang dalam dunia kerja dan usaha. Dalam konteks memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77, mereka lah the real hero sebab atas kiprahnya selama ini di dunia K3, mereka secara tidak langsung telah menyelamatkan jutaan pekerja di Indonesia dari berbagai potensi dan risiko bahaya kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. 


“Hitungan tersebut belum termasuk jumlah keluarga yang menggantungkan hidupnya kepada si pekerja yang mengisi berbagai sektor industri di Indonesia loh,” kata Mering yang juga alumni PPRA Lemhannas RI tahun 2020 itu. 


Mering menambahkan, jika satu orang pekerja rata-rata punya 4 anggota keluarga saja, maka tinggal kalikan saja dengan jumlah pekerja Indonesia yang menurut data BPS (pebruari 2021), untuk sektor formal sekitar 52,92 juta orang. Oleh karena itulah Mering berani mengatakan bahwa orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk bidang K3 adalah the real hero. 


Pahlawan kata Mering berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu "phala", artinya ‘hasil’ atau ‘buah’. Karena itu pahlawan adalah orang yang berpahala, yaitu yang perbuatannya berhasil dan berguna untuk kepentingan orang banyak. 


“Maka orang-orang yang telah mendedikasikan hidupnya di bidang K3 selama ini juga adalah pahlawan, bukan?!” tegasnya. 


Diterbitkannya buku 100 Tokoh K3 Indonesia ini, kata Mering, bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para tokoh K3 Indonesia dan sekaligus untuk mendokumentasikan sejarah K3 di Indonesia. Jangan sampai para generasi muda melupakan sejarah dan siapa yang layak disebut pahlawan di sekitar kita. 


Dia sangat yakin sudah banyak individu maupun kelompok orang dari berbagai latar belakang dan profesi yang berjasa di bidang K3. Namun sayangnya karena berbagai keterbatasan, Allsysmedia dan team editor buku baru mampu mengumpulkan 100 orang tokoh saja yang jejak dan sejarahnya berhasil dilacak dan bukukan. 


Pada kesempatan yang sama Mering mengucapkan terimakasih kepada Chairman WSO Indonesia yang juga inisiator penulisan buku ini, yaitu Soehatman Ramli, DIPL. SM, SKM. MBA yang telah bekerja keras bersama timnya selama hampir 9 bulan sehingga akhirnya buku ini rampung dikerjakan.