Selamat datang di website Allsysmedia, publication and communication agency

Buku Strategi Pengembangan Hilirisasi Industri

Mock up buku Buku Strategi Pengembangan Hilirisasi Industri


Judul Buku: Strategi Pengembangan Hilirisasi Industri (Kajian Industri Pengolahan Unggulan dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Provinsi Jambi)


Buku ini merupakan bentuk sederhana dari disertasi Dr. Hj Erni Achmad, SE., M.Si yang berjudul Strategi Penumbuhkembangan Industri Pengolahan Unggulan dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Daerah Provinsi Jambi untuk Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Jambi. 


Dari disertasinya tersebut dapat diketahui bahwa tujuan penelitian yang ia lakukan adalah untuk menentukan industri pengolahan yang menjadi unggulan di Provinsi Jambi untuk strategi penumbuhkembangan industri pengolahan di provinsi itu. Untuk itu penulis melakukan analisis faktor apa saja yang mempengaruhi penumbuhkembangan industri di Jambi, menganalisis pengaruhnya terhadap perekonomian daerah, serta merumuskan strategi yang dapat diterapkan untuk menumbuhkembangkan industri pengolahan unggulannya. 


Dalam bekerja, Erni menggunakan Alat analisis Data Envelopment Analysis (DEA: CRS dan VRS), Revelead Comparative Advantage (RCA), IDP dan IDK, serta merumuskan strategi menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP). Diakhir penelitiannya Erni berkesimpulan bahwa prioritas unggulan sub sektor industri pengolahan yang telah memenuhi kelima atau sebahagian besar indikator atau metode penentuan industri pengolahan unggulan yang dilakukan di Jambi dapat diketahui secara berturut-turut adalah industri makanan dan minuman, industri kertas, barang dari kertas, dan industri karet, barang dari karet dan plastik. 


Model ekonometrik dari hasil persamaan simultan bahwa variabel yang signifikan terhadap Penumbuhkembangan Industri Makanan dan Minuman (PHImm) pada a=5% adalah Investasi Industri (INI), Nilai Produksi (NPI) dan Produktivitas Tenaga Kerja (PTK). 


Kemudian untuk Penumbuhkembangan Industri Kertas (PHIke) menunjukkan semua variabel yaitu Bahan Baku Industri (BBI), Nilai Produksi Industri (NPI), Alokasi Anggaran Industri (AAI), Produktivitas Tenaga Industri (PTK) dan Tenaga Kerja Industri (TKI) dan Penumbuhkembangan Industri Barang dari Karet (PHIbk) Ketersediaan Energi Listrik (KEL), Bahan Baku Industri (BBI), Alokasi Anggaran Industri (AAI), Tenaga Kerja Industri (TKI), Nilai Produksi Industri (NPI), dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah (PED). 


Secara analisis regresi sederhana, penumbuhkembangan industri pengolahan makanan dan minuman dan penumbuhkembangan industri pengolahan kertas dan barang dari kertas dengan hasil menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi adalah 0.150227 dan 0.1816 dengan tingkat signifikansi 0.0139 dan 0.0138, artinya kedua industri tersebut berpengaruh signifikan terhadap perekonomian daerah. Sedangkan industri karet, barang dari karet dan plastik tidak berpengaruh terhadap perekonomian daerah. 


Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode ANP untuk menentukan strategi yang tepat sebagai strategi penumbuhkembangan industri pengolahan unggulan dari 12 responden terpilih dan kemudian diolah menggunakan software super decision, penulis memperoleh alternatif strategi yang memiliki pengaruh paling besar dalam pemilihan strategi penumbuhkembangan industri pengolahan unggulan yaitu strategi optimalisasi peran pemerintah dalam kebijakan dan pendanaan untuk program penumbuhkembangan industri pengolahan unggulan terpilih. 


Buku ini tak hanya penting untuk kalangan akademik (kampus dan mahasiswa) semata, tetapi juga diharapkan bisa menjadi referensi yang memperkaya perspektif para para pejabat publik, khususnya bidang perencanaan dalam mengambil keputusan terkait perencanaan ekonomi daerah.  


Allsysmedia sebagai penerbit yang mengemban misi literasi untuk bangsa terus berupaya memfasilitasi para pihak yang memiliki karya bernas untuk dipublikasikan dalam rangka menjadikan ilmu tidak hanya untuk ilmu, tetapi agar ilmu pengetahuan bisa bermanfaat bagi setiap orang. Seperti yang pernah diingatkan oleh Anton Checkhov: pengetahuan tidak ada nilainya kecuali jika Anda mempraktikannya! 


Maka dari itu, Allsysmedia juga turut mendorong penulis buku ini dapat menyumbangkan pengetahuan dan buah pemikiran yang positif bagi kemajuan pembangunan daerah tempat ia mengabdi sebagai dosen dan sekaligus Ketua Prodi Magister Ilmu Ekonomi di Universitas Jambi. 


Catatan dari kami adalah bahwa sejumlah data di buku ini tidak disajikan sama persis dengan yang ada di disertasi. Terutama pada bagian Penelitian Terdahulu di Bab II, beberapa tabel dan halaman Daftar Lampiran. Beberapa bagian lagi diedit oleh editor menjadi bentuk teks. Bagi para pembaca yang tetap membutuhkan detilnya kami memberikan catatan di setiap bagian tersebut untuk dapat merujuk langsung ke halaman disertasi penulis. 


Akhir kata kami menyampaikan terimakasih banyak kepada para pihak, terutama kepada penulis yaitu Dr. Hj Erni Achmad, SE., M.Si yang telah mempercayakan disertasinya untuk kami jadikan buku sebagaimana yang tersaji di tangan para pembaca budiman. 

Spesifikasi Buku:

  • Penulis                             : Dr. Hj. Erni Achmad, SE., M.Si
  • Editor                               : Dessy Rizki
  • Desain Sampul             : Alexander Mering
  • Tata Letak                      : Prasetya Adi Sayoga
  • Kompilator Naskah    : Maharani Mega Sari
  • Penerbit                            : Allsysmedia (Anggota IKAPI)
  • Bahasa                              : Indonesia
  • Dimensi                            :  xviii+337 hlm, 15 x 21 cm
  • ISBN                                   : 9 786239 754495
  • Tanggal Terbit               : 1 November 2022

Baca Juga: 

  • Bagi Anda yang tertarik untuk membuat disertasi, tesis, atau bahkan skripsi  Anda menjadi buku, silahkan pesan lewat paket eBuKa