Selamat datang di website Allsysmedia, publication and communication agency

Buku Biofrafi Suma’mur Prawira Kusumah, Tokoh K3 Indonesia: Dedikasi Hingga Akhir

Mock up buku Biografi Suma'mur Prawira Kusumah

Sinopsis Buku 

Suma’mur Prawira Kusumah adalah legenda K3 Indonesia. Perhatiannya terhadap aspek K3 sudah dimulai ketika masih duduk di bangku Sekolah Rakyat (SR) di zaman Jepang (1942 – 1949). Kala itu ia menyaksikan penderitaan yang dialami para pekerja kebun karet di kampung halamannya di Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menjadi pekerja tak seindah yang dibayangkannya. Setiap hari Suma’mur kecil disuguhi pemandangan menyayat hati. Para pekerja kebun karet itu kurus kering, bekerja setiap hari tanpa mengenakan baju apalagi alas kaki.

Banyak yang sakit. Sejak itu Suma’mur kecil bertekad untuk menjadi seorang dokter yang memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan pekerja. Tekadnya itu benar-benar ia wujudkan. Ia menjadi seorang dokter yang mengkhususkan diri pada kesehatan kerja.

Tahun 1964, Suma’mur menggelindingkan konsep yang memadukan dunia kedokteran dan teknik, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes), kerjasama antara stetoskop dan mistar hitung. Konsep ini hingga sekarang masih digunakan dan menjadi rujukan siapapun yang meminati ilmu K3.

Buku ini tak sekadar mengisahkan bagaimana perjuangan seorang Suma’mur dalam upaya mengimplementasikan aspek K3 di lingkungan kerja di Indonesia dan menyuarakan K3 Indonesia hingga ke Asia bahkan dunia hingga akhir hayatnya. Tetapi juga mengungkap sisi-sisi lain dari pribadi seorang legenda K3 Indonesia yang selama ini tidak pernah terekspose ke publik.

Fakta sejarah dalam buku ini juga dibalut dengan sedikit kisah asmara yang dijalin sang tokoh dengan wanita pujaan hatinya, Hj Rochela, yang kemudian menjadi pendamping hidupnya selama 60 tahun. Surat cinta Suma’mur yang ditulisnya pada 21 Oktober 1961 yang kala itu masih berada dalam tahap pacaran, bahkan hingga sekarang ini masih utuh dan disimpan rapi oleh Hj Rochela.

Selain itu, buku ini juga mengungkap bagaimana keseharian Suma’mur dan hubungan dengan anak-anak, cucu, bahkan cicitnya.  Tak sekadar pantas dan enak dibaca buku ini juga adalah ‘sumur’ inspirasi bagi siapa saja yang ingin menimbanya. 

             

Spesifikasi Buku: 

  • Ukuran                             : 15 x 21 cm (A5)
  • Tampilan                         : FC (30%) dan BW (70%)
  • Jenis Kertas                    :
  • Cover                                 : Art Cartoon 310 gsm
  • Isi                                       : Mate paper 100 gsm
  • Jilid                                    : Binding (lem panas)
  • Estimasi Tebal              : 120 hal
  • Cetak                                 : Offset
  • ISBN                                : 978-623-97544-8-8